1.28.2010

MENG NGENAL ARTI BEEP


Jika komputer dihidupkan pertama kali dan atau restart kamu akan mendengar bunyi “tiit” sekali, itulah yang dimaksud dengan bunyi “Beep”. Bunyi beep dipakai oleh bios saat POST (Power On Self Test) untuk melaporkan kondisi sistem tertentu. Jika kamu mendengar bunyi beep tapi lain dari biasanya itu berarti sistem sedang mengalami masalah sebelum bisa menampilkannya di monitor.
Dengarkan bunyi beep itu baik-baik catat panjang-pendek bunyinya, karena masing-masing bunyi beep antar vendor Bios tidaklah sama, jadi kenali dulu merek Bios kamu sebelum memulai identifikasi. Di bawah ini ada beberapa kode beep dari beberapa vendor Bios.

* AMIBIOS

American Megatrend Inc merupakan salah satu software pembuat Bios teratas di dunia. Bios ini hanya akan berbunyi jika ada masalah.

1 s/d 3 bunyi beep, berkaitan dengan memory yang perlu dipasang ulang atau dicoba dengan memory yang lain.
4 bunyi beep, berkaitan erat dengan mobo, coba pasang ulang semua card tambahan (misal: modem, sound card.dll) kecuali video card.
5 bunyi beep, berkaitan erat dengan prosessor atau card tambahan, coba pasang ulang semua card tambahan. Kalau bunyi beep masih ada kemungkinan prosesornya minta diupgrade.
6 bunyi beep, berkaitan dengan motherboard. Coba pasang ulang semua card tambahan yang ada dengan melepas satu persatu kemudian dipasang kembali, jika bunyi beep masih ada juga kemungkinan mobo kamu yang sudah rusak.
7 bunyi beep, ini adalah bunyi yang berkaitan dengan eror secara umum. Telusuri satu persatu mulai dari card tambahan, prosesor, baru kemudian motherboard.
8 bunyi beep, berkaitan dengan video card. Coba bersihkan kaki-kaki pin kemudia pasang ulang atau beli baru.
9 bunyi beep, berhubungan dengan AMIBIOS ROM checksum error. Coba lakukan seperti bunyi 7 beep.
10 bunyi beep, berkaitan dengan CMOS resd/write error. Solusinya masih seperti bunyi 7 beep.
11 bunyi beep, berhubungan dengan kegagalan cache memory. Solusinya seperti bunyi 7 beep.
1 bunyi beep panjang dan 2 bunyi beep pendek, berkaitan dengan kegagalan sistem video card. solusinya seperti bunyi 8 beep.

* AWARD BIOS

Awalnya award bios adalah sebuah merek bios yang dimiliki oleh perusahaan bernama award, tspi kini award telah di akuisisi oleh Phoenix Technologies. Berbeda dengan Ami Bios, jika kamu mendengar bunyi beep 1 kali pendek itu artinya sistem dalam keadaan baik-baik saja.

1 bunyi panjang dan 2 bunyi pendek biasanya ada gangguan pada video card, bersihkan kaki-kaki pin-nya kemudian pasang ulang. Jika masih ada gangguan beli yang baru saja.
1 bunyi panjang dan 3 bunyi pendek biasanya video card tidak terdeteksi atau memory video cardnya eror.
1 bunyi beep panjang bernada tinggi atau bunyi beep pendek yang berulang-ulang biasanya ada masalah pada prosesor, bisa jadi prosesor kepanasan, pemasangan tidak benar bahkan rusak.

0 komentar:

Posting Komentar