4.05.2010

Tips Merubah Ukuran Icon Pada Desktop Tips Merubah Ukuran Icon Pada Desktop

Kita pasti sudah familiar dengan gambar icon yang menghiasi tampilan Desktop (layar) kita. Jika anda ingin merubah ukuran dari gambar-gambar icon yang terdapat pada desktop, tips berikut akan menjelaskan cara-cara untuk melakukannya. Anda bisa memperbesar atau memperkecil sesuai dengan keiinginan anda.

Icon merupakan gambar-gambar yang terdapat pada layar desktop yang sangat berguna untuk mempercepat kita dalam memproses suatu program / aplikasi. Misalkan terdapat icon Ms.Word, dengan icon tersebut maka kita cukup double click untuk mengekseskusi aplikasi Ms.Word, kita tidak perlu masuk ke Start – All Programs – Microsoft Office – Microsoft Office Word. Lebih singkat dan lebih efisien menjadi salah satu alasannya.

Jika kita ingin merubah ukuran gambar icon pada desktop, pengaturan dilakukan melalui Registry editor / regedit. Oleh karena itu sebelum melakukan tips ini sangat disarankan untuk membuat backup registry editor / cadangan registry editor. Hal ini sangat berguna untuk menghindari komputer menjadi error / macet akibat ada kesalahan dalam prakteknya.

Adapun langkah-langkah untuk menerapkan trik ini adalah sebagai berikut:

*
Klik Start - Run, lalu ketikkan: regedit
*
Masuk ke menu HKEY_CURRENT_USER \ Control Panel \ Desktop \ WindowMetrics
*
Pada jendela sebelah kanan, klik 2X pada menu Shell Icon Size. Pada kotak yang muncul, isikan Value data nya sesuai dengan keinginan kita.
*
Untuk melihat hasilnya, Restart / Log Off komputer

Angka standardnya adalah 32. Kita bisa memasukkan angka yang lebih kecil dari 32 jika ingin memperkecil ukuran icon, begitu juga sebaliknya, kita memasukkan angka yang lebih besar jika ingin memperbesar ukuran icon

Hal ini berguna jika pada desktop anda memiliki jumlah icon yang sangat banyak sehingga membuat desktop 'penuh sesak' dengan icon-icon. Merubah ukuran icon menjadi yang lebih kecil mungkin akan membuat tampilan desktop menjadi lebih rapih dan lebih enak dipandang tentunya.

Selamat Mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar